Senin, 22 Januari 2018

obat ginjal apotik

 obat ginjal apotik

Ginjal adalah organ yang menyaring produk limbah dari darah. mereka juga terlibat dalam mengatur tekanan darah, keseimbangan elektrolit, dan produksi sel darah merah di tubuh. gagal ginjal adalah karena penumpukan produk limbah dan kelebihan cairan dalam tubuh yang bisa menyebabkan kelemahan, sesak napas, letargi, bengkak, dan kebingungan. Ketidakmampuan membuang potassium dari aliran darah bisa menyebabkan irama jantung abnormal dan mendadak kematian. Awalnya gagal ginjal tidak menimbulkan gejala. Ada banyak penyebab gagal ginjal, dan pengobatan penyakit yang mendasari mungkin merupakan langkah awal dalam memperbaiki kelainan ginjal. Beberapa penyebab gagal ginjal bisa diobati dan fungsi ginjal bisa kembali normal. Sayangnya, gagal ginjal mungkin progresif dalam situasi lain dan mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Diagnosis gagal ginjal biasanya dilakukan dengan tes darah yang mengukur BUN, kreatinin, dan glomerulus filtration rate
obat ginjal apotik - dok mama saya terkena kista pada ginjal apakah bisa sembuh dok? saya tidak bisa berhenti nangis mendengar mama saya sakit dok tolong dok

Klik Di Sini Untuk Konsultasi

Pengobatan penyebab utama gagal ginjal bisa mengembalikan fungsi ginjal menjadi normal. Upaya seumur hidup untuk mengendalikan tekanan darah dan diabetes mungkin merupakan cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal kronis dan perkembangannya terhadap gagal ginjal. Seiring bertambahnya usia, fungsi ginjal berangsur-angsur menurun seiring berjalannya waktu. Jika ginjal gagal total, satu-satunya pilihan pengobatan yang tersedia mungkin adalah dialisis atau transplantasi.

Apa itu Penyakit Ginjal? Apa gejalanya
Penyakit ginjal mengacu pada kondisi dan masalah dengan ginjal dan fungsinya. Tanda dan gejala penyakit ginjal dapat bervariasi tergantung pada jenisnya; Namun, gejala non-spesifik umum penyakit ginjal kronis meliputi:
  • Kehilangan selera makan
  • Puffiness di sekitar mata
  • Kelelahan
  • Kering, itcy
  • Masalah tidur 
Apa ginjalnya? Dimana mereka berada
Ginjal memainkan peran kunci dalam fungsi tubuh, tidak hanya dengan menyaring darah dan membuang produk limbah, tapi juga dengan menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh, mengendalikan tekanan darah, dan merangsang produksi sel darah merah.
Ginjal berada di perut ke arah belakang, biasanya satu di setiap sisi tulang belakang. Mereka mendapatkan suplai darah mereka melalui arteri ginjal langsung dari aorta dan mengirim darah kembali ke jantung melalui pembuluh darah ke vena cava. (Istilah "ginjal" berasal dari nama latin untuk ginjal.)

Apa yang dilakukan ginjal?
Ketika darah mengalir ke ginjal, sensor di dalam sel ginjal khusus mengatur berapa banyak air yang akan dikeluarkan sebagai urin, bersamaan dengan konsentrasi elektrolit. Misalnya, jika seseorang mengalami dehidrasi karena berolahraga atau karena sakit, ginjal akan menahan sebanyak mungkin air dan urin menjadi sangat terkonsentrasi. Bila air secukupnya ada di dalam tubuh, air kencingnya jauh lebih encer, dan air kencingnya menjadi jelas. Sistem ini dikendalikan oleh renin, hormon yang diproduksi di ginjal yang merupakan bagian dari sistem regulasi tekanan darah dan cairan tubuh.

Ginjal juga merupakan sumber eritropoietin dalam tubuh, hormon yang merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah. Sel khusus di ginjal memonitor konsentrasi oksigen dalam darah. Jika kadar oksigen turun, kadar eritropoietin meningkat dan tubuh mulai memproduksi lebih banyak sel darah merah.

Urine yang dibuat oleh setiap ginjal mengalir melalui ureter, sebuah tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih. Urine disimpan di dalam kandung kemih, dan saat kencing terjadi, kandung kemih mengosongkan urin melalui tabung yang disebut uretra.

Apa yang menyebabkan gagal ginjal?
Gagal ginjal bisa terjadi dari situasi akut yang melukai ginjal atau dari penyakit kronis yang secara bertahap menyebabkan ginjal berhenti berfungsi.

Pada gagal ginjal akut, fungsi ginjal hilang dengan cepat dan bisa terjadi dari berbagai penghinaan terhadap tubuh. Karena kebanyakan orang memiliki dua ginjal, kedua ginjal tersebut harus rusak karena gagal ginjal yang lengkap. Untungnya, jika hanya satu ginjal yang gagal atau yang sakit, penyakit ini dapat dikeluarkan, dan ginjal yang tersisa dapat terus memiliki fungsi ginjal (ginjal) normal. Jika ginjal pasien kedua luka atau sakit, ginjal donor dapat ditransplantasikan.

Daftar penyebab gagal ginjal sering dikategorikan berdasarkan di mana luka itu terjadi.
Penyebabnya adalah karena suplai darah menurun ke ginjal. Contoh penyebab gagal ginjal prerenal adalah:
  1. Hipovolemia (volume darah rendah) akibat kehilangan darah
  2. Dehidrasi akibat kehilangan cairan tubuh (misalnya muntah, diare, berkeringat, demam)
  3. Kurangnya asupan cairan
  4. Obat, misalnya, diuretik ("pil air") dapat menyebabkan kehilangan air yang berlebihan
  5. Aliran darah abnormal ke dan dari ginjal akibat penyumbatan arteri renal atau vena.

Berikut 12 Nama Obat Ginjal Dari Tanaman

Obat Ginjal Alami Daun Sukun
Tanaman Obat Tradisional untuk Ginjal yaitu daun sukun. obat ginjal alami yang kedua adalah daun sukun. Daun sukun merupakan salah satu tanaman herbal penyakit ginjal yang cukup ampuh untuk meluruhkan batu ginjal. Dengan kehadiran tanaman daun sukun ini, penderita gagal ginjal tidak harus melakukan cuci darah.

Hal ini dikarenakan dalam daun sukun terkandung beberapa senyawa seperti flavonoid, tanin, serta asam hidrosianat, bahkan riboflavin dan aseticolin yang diyakini dapat membantu pemulihan kondisi ginjal. Sama halnya seperti kumis kucing, kita dapat merebus daun sukun ini untuk dijadikan obat herbal dari sisa air rebusan nya. Lebih jelas lagi prosedur pengolahan nya adalah :
  • Pertama cuci bersih daun sukun sebanyak 5 lembar
  • Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya
  • Sambil merebus, anda dapat mengaduk daun sukun dalam air rebusan hingga hancur
  • Setelah dirasa cukup maka selanjutnya adalah biarkan dingin terlebih dahulu kemudian disaring
  • Para penderita gagal ginjal dianjurkan minum air rebusan daun sukun ini sebanyak dua kali dalam sehari dalam waktu pagi dan sore hari secara rutin
Anda juga dianjurkan tidak meminum rebusan daun sukun ini sebelum makan karena dapat mengikis lambung yang ada di dalam organ pencernaan dan efeknya perut menjadi panas
Obat Ginjal Alami Daun Sendok
Terdengar kurang umum bagi sebagian orang, namun daun sendok juga mampu menjadi obat ginjal untuk mengatasi batu ginjal. Di dalam tanaman ini terdapat kandungan senyawa terpenoid yang bermanfaat untuk menghambat pembentukan kristal kalsium oksalat. Kristal inilah yang biasanya menjadi bahan dasar pembentuk batu ginjal. Untuk pengolahan ramuan dari daun sendok adalah sebagai berikut :
  • Pertama cuci sampai bersih 7 lembar daun sendok
  • Setelah masukkan ke blender atau tumbuk daun sendok tersebut hingga halus
  • Setelah dirasa cukup halus, peras sekumpulan daun sendok tadi
  • Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam sari daun sendok tadi
  • Agar massa batu ginjal dapat segera mengecil, anda dapat meminum ramuan ini sehari 3 kali
Obat Ginjal Alami Mentimun
Selain digunakan sebagai lalapan ternyata mentimun juga mempunyai khasiat dalam mempercepat proses pelarutan batu dalam. Kebiasaan mengonsumsi mentimun juga diyakini dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan batu ginjal. Didalam mentimun ini terkandung mineral dan vitamin yang bisa membuat batu ginjal larut dan hancur dengan cepat. Namun bagi para penderita tekanan darah rendah hal ini tidak terlalu dianjurkan.
Obat Ginjal Alami Lobak
Pasti tidak ada yang menyangka ternyata sayuran yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal. Di dalam lobak terkandung antioksidan, mineral dan vitamin yang mampu mengobati peradangan pada ginjal. Untuk proses pengolahan obat dari lobak adalah :
  • Kupas terlebih dahulu 200 gram lobak yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Potong jadi beberapa bagian kenudian diblender selama 3 menit, tambahkan juga air satu gelas
  • Jus lobak ini diminum tiga kali sehari agar dapat memperoleh hasil yang optimal
Obat Ginjal Alami Rambut Jagung, Alang-Alang, Dan Kumis Kucing
Selain 3 bahan sebelumnya, anda juga dapat memanfaatkan campuran rambut jagung, alang – alang dan kumis kucing ini untuk obat ginjal. Untuk khasiat dari tanaman kumis kucing sudah dijelaskan sebelumnya. Cara – cara untuk membuatnya juga sangat mudah, yaitu :
  • Sediakan terlebih dahulu 1 genggam padat rambut jagung, lalu juga 11-15 lembar daun kumis kucing dan akar alang-alang yang dibutuhkan sekitar 3 jengkal, lalu dicuci bersih semua bahan itu
  • Setelah itu siapkan air sebanyak 600 ml lalu direbus hingga tersisa setengahnya.
  • Setelah dirasa cukup ramuan bisa anda saring lalu tunggu hingga tidak panas lagi kemudian minumlah ramuan
  • Untuk hasil yang maksimal anda dianjurkan meminum sehari 3 kali dengan takaran masing – masing 100 ml
 Obat Ginjal Alami Daun Sirsak
Tanaman yang satu ini mempunyai banyak manfaat. Selain mampu mengobati kanker ternyata daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat sakit ginjal. Khasiat dari ramuan daun sirsak ini adalah mampu mengobati penyakit gagal ginjal secara perlahan namun pasti jika dikonsumsi teratur. Untuk panduan dalam meramunya ialah sebagai berikut :
  • Terlebih dahulu siapkan daun sirsak sebanyak 3 – 5 lembar kemudian cuci sampai bersih
  • Rebus daun sirsak tadi dalam air secukupnya hingga mendidih
  • Tunggu hingga hangat, kemudian saring untuk diambil air rebusan nya
  • Konsumsilah secara rutin 2 – 3 kali sehari hingga kondisi ginjal membaik
 Obat Ginjal Alami Kumis Kucing
Kumis kucing merupakan salah satu tanaman yang cukup terkenal dapat mengobati penyakit ginjal. Tanaman ini mempunyai ukuran mini, dengan bunga putih menyerupai kumis kucing. Bagian inilah yang dapat digunakan untuk meluruhkan batu ginjal dengan cara direbus, dan air rebusannya dikonsumsi secara teratur.Tanaman yang mempunyai nama Latin Orthosiphon stamineus ini ternyata juga mampu memberi rangsangan pada ginjal untuk mengeluarkan urine secara berlebihan sehingga natrium dan ion lainnya dapat terbawa urin dan keluar dari tubuh.

Untuk prosedur pengolahan tanaman kumis kucing dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama daun kumis di cuci sampai bersih
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya
  • Minum air rebusan tersebut 2 atau 3 kali sehari untuk memperoleh hasil maksimal
  • Karena air yang tersisa adalah satu setengah gelas, maka ramuan tersebut diminum setengah gelas pada pagi, siang dan juga malam hari sebelum tidur.
Obat Ginjal Alami Daun Binahong
Tanaman binahong juga bisa difungsikan sebagai obat sakit ginjal alami. Bagian pada daun binahong terbukti ampuh mempunyai khasiat dalam meluruhkan batu ginjal yang ada dalam tubuh. Cara pengolahannya juga tergolong sangat simpel dan bisa anda lakukan dirumah.
  • Pertama siapkan 10 sampai 15 gram daun binahong yang masih segar dengan air 1 gelas saja untuk direbus, jangan lupa cuci terlebih dahulu
  • Rebus air dengan daun binahong tadi hingga mendidih, setelah itu dinginkan terlebih dahulu kemudian disaring
  • Untuk ramuan ini anda dapat mengonsumsi nya 2 atau 3 kali sehari sebelum makan
 Obat Ginjal Alami Mahkota Dewa
Sebagai salah satu jenis tanaman toga di lingkungan kita, tanaman ini tidak hanya memegang peran penting untuk kesehatan saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan dalam buah mahkota dewa ini terkandung beberapa senyawa penting seperti saponin, alkaloid, polifenol, serta flavonoid dan masih banyak lagi. Untuk cara meramu tanaman ini adalah dengan cara berikut ini :
  • Yang pertama kita siapkan terlebih dahulu 2 s/d 3 buah mahkota dewa yang sudah masak
  • Iris tipis buah ini untuk diambil bagian dagingnya saja
  • Siapkan air untuk direbus sebanyak 3 gelas lalu masukkan irisan buah mahkota dewa yang sudah kita siapkan tadi
  • Rebus campuran air dan buah mahkota dewa dalam panci hingga tersisa 2 gelas atau lebih baik sampai tersisa 1 gelas
  • Kita tunggu hingga menjadi dingin, kemudian diminum sebanyak 2 kali sehari
Salah satu khasiat buah mahkota dewa adalah dapat mencegah atau meringankan gejala gagal ginjal. Terutama apabila gagal ginjal yang menyerang diikuti oleh penyakit lain seperti hepatitis B dan penyakit hati atau liver.
Obat Ginjal Alami Rumput Upas
Jenis rumput ini mungkin tidak terlalu familiar bagi masyarakat umum, akan tetapi jika diramu dengan benar rumput upas ini dapat mengurangi enzim pensitensis oksalat. Enzim ini ikut andil dalam proses pembentukan batu ginjal.
Selain mampu mengatasi batu ginjal, ternyata tanaman rumput upas ini juga mempunyai khasiat meringankan gejala penyakit saluran kemih. Untuk cara penggunaan atau pembuatan obat dari tanaman rumput upas adalah sebagai berikut :
  • Siapkan dan cuci bersih 10 gram rumput upas
  • Anda dapat merebus rumput upas kedalam panci dengan air sebanyak 4 gelas
  • Tunggu hingga tersisa setengahnya
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal anda dapat meminum ramuan ini 2 kali sehari ketika pagi hari dan malam hari sebelum tidur 
Konsultasi Gratis
Demikian penjelasan mengenai Tanaman obat ginjal tradisional ginjal yang bisa dipakai sebagai pengobatan ginjal secara tradisional. Selain tanaman diatas sebenarnya masih banyak lagi contoh lain nya. Sangat penting juga bahwa anda berdiskusi dengan dokter atau pakar kesehatan terlebih dahulu sebelum memulai segala tindakan, termasuk juga dalam menggunakan obat herbal ini

Ditulis Oleh : Unknown // Januari 22, 2018
Kategori: